DUNIA : Soal Tata Kelola Air, Korsel Siap Bantu Jakarta

VIVAnews – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) bertekad membantu Pemerintah DKI Jakarta untuk menyelesaikan beberapa permasalahan akut yang membelit Ibukota.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Korsel sepakat untuk memfokuskan kepada dua masalah terlebih dahulu yaitu mengenai tata kelola air sungai dan kerjasama di bidang transportasi.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Yeong Seon, dalam jumpa wartawan dalam peringatan 40 tahun hubungan diplomatik Korsel-Indonesia, Selasa 5 Maret 2013, di Hotel Ritz Carlton.

Menurut Yeon, dia sangat memahami hasrat Jokowi yang ingin menjadikan Jakarta sebagai Global Inter City. “Kami sangat memahami keinginan Jokowi untuk memperbaiki kota ini. Sedangkan Seoul sebagai Ibukota Korsel dulu juga pernah mengalami permasalahan serupa. Oleh sebab itu kami ingin berbagai pengalaman kami kepada Pemda DKI,” ujarnya.

Tidak disebutkan dengan detail kapan realisasi dari kerjasama di bidang tersebut dan apa langkah selanjutnya untuk merealisasikan itu. Seon hanya mengatakan dia dan Jokowimengharapkan kerjasama tersebut dapat secepatnya terlaksana.

Pada 4 Januari lalu, Dubes Kim Yeong Seon, melakukan kunjungan ke kantor Jokowi di Balai Kota. Pada kesempatan tersebut Jokowi mengatakan akan menjalin kerja sama untuk merestorasi aliran sungai Ciliwung dan membenahi transportasi kereta di Jakarta.

Menurut Jokowi kala itu, dia sangat mengagumi sungai-sungai di pusat kota di Korsel, karena sungainya bersih dan dapat digunakan sebagai tempat wisata pada malam hari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s