Kebocoran Gas Beracun di Korsel, 11 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Seoul – Kebocoran gas beracun terjadi di sebuah pabrik kimia di Korea Selatan (Korsel). Akibat insiden ini, sedikitnya 11 orang pekerja pabrik harus dilarikan ke rumah sakit.

Tidak hanya itu, warga yang tinggal di dekat pabrik tersebut juga terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Seperti dilansir AFP, Selasa (5/3/2013), insiden ini terjadi di sebuah pabrik kimia yang berada di kawasan industri Kota Gumi.

Kebocoran yang terjadi hari ini melibatkan sekitar 1 liter gas klorin yang menguap dan menyebar hanya dalam waktu beberapa menit saja. Klorin sendiri diketahui sebagai unsur halogen berbentuk gas yang bersifat racun dan berbau menyesakkan. Zat kimia ini biasanya dipakai sebagai zat pemutih dan pembunuh kuman dl air.

Seorang pejabat Kota Gumi menyatakan, kebocoran ini disebabkan oleh kesalahan teknis. Namun sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut soal kesalahan teknis tersebut.

Segera setelah kebocoran gas terdeteksi, otoritas setempat segera melakukan evakuasi besar-besaran. Tidak hanya para pekerja pabrik, warga yang tinggal di sekitar area pabrik pun diperintahkan untuk mengungsi. Bahkan jalanan di dekat lokasi pabrik ditutup agar tidak ada yang mendekat.

Akibat insiden ini, sedikitnya 11 pekerja pabrik dilarikan ke rumah sakit terdekat. Para pekerja tersebut mengeluhkan sesak napas dan iritasi pada bagian mata.

Menurut pihak rumah sakit, tidak ada korban yang mengalami kondisi serius akibat keracunan gas tersebut. Beberapa akan diperbolehkan pulang jika kondisinya membaik.

Insiden serupa pernah terjadi pada September tahun 2012 lalu di kawasan yang sama. Saat itu, lebih dari 3.000 orang terkena dampaknya dan harus menjalani perawatan medis akibat keracunan. Kebocoran gas disebabkan oleh ledakan yang menewaskan 5 orang pekerja pabrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s