Mempelajari Jalan Pikiran Pria

KAUM wanita selalu merasa tidak mengerti jalan pikiran pasangannya, karena menganggap pria cenderung sulit untuk dimengerti. Sama halnya seperti kaum wanita yang tidak ingin dinilai berdasarkan penampilan fisik, pria pun tidak ingin dinilai berdasarkan material semata. Nah, untuk lebih memahami kaum adam, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa langkah yang harus ditempuh.

Menurut Dra Clara Istiwidarum K, MA, CPBC, psikolog dari Jagadnita Consulting, pria dan wanita memang sudah memiliki perbedaan. Di mana kaum pria cenderung lebih menggunakan segi rasional, sementara para wanita banyak mengandalkan emosional sehingga cenderung lebih perasa.

Untuk memahami pria, perlu menerapkan komunikasi dengan dibarengi sikap yang menunjang. Jika Anda marah karena merasa pasangan tidak mengetahui apa yang Anda inginkan, maka hal itu percuma. Mereka memang tidak tahu. Sebaiknya, jika Anda inginkan sesuatu maka katakan terus terang dibarengi dengan sikap. Dengan menerapkan hal itu akan lebih membuat pria merasa dikagumi dan dihargai.

“Kebanyakan kaum wanita cenderung memaparkan ketidaksukaannya dengan pasangan secara verbal agar lebih lega. Sementara pria tidak seperti itu, Dia lebih memilih komunikasi verbal yang diikuti dengan sikap,” kata Clara yang dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Minggu (17/2/2008).

Masih menurut Clara, saat pasangan Anda selalu melirik perempuan seksi yang mereka lihat, bukan berarti mereka ingin berpacaran dengan mereka. Percayalah, mereka hanya mengagumi ciptaan Tuhan. Kadang kaum hawa akan bereaksi berlebih hingga mendatangkan perasaan cemburu.

Meski cemburu kecil memang akan menambah hubungan terasa lebih romantis, tapi jika cemburu Anda sudah sering dan mendominasi maka mereka menganggap Anda tidak mempercayai mereka.

“Kalau kita sudah mengenal dan mengetahui kebiasaan pasangan, maka percayalah bahwa mereka melakukan hal itu hanya sekadar mengagumi ciptaan Tuhan. Selain itu, terkadang kaum pria pun secara tidak langsung ingin memberi masukan positif kepada kita agar senantiasa menjaga diri seperti wanita lain yang dikaguminya,” ungkap wanita ramah ini.

Faktor lain yang dapat ditempuh untuk membuat Anda mengerti pasangan ialah dengan memberi keseimbangan ruang untuk Anda dan dirinya sendiri. “Setiap orang yang sudah berumah tangga, harus memberi waktu untuk diri sendiri menekuni hobi atau sekadar bercengkerama dengan teman-teman dan ruang untuk pasangan. Tapi juga jangan kebablasan, artinya harus seimbang membagi diri antara pasangan dan diri sendiri,” pungkasnya. (mbs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s